Rahasia Besar Untuk Menjadi Kaya Raya

Siapa yang tidak tertarik untuk menjadi orang kaya? Memiliki harta yang berlimpah menjadi dambaan banyak manusia di dunia. Bekerja keras seringkali dianggap sebagai kunci utama untuk mencapai kesuksesan menjadi orang kaya. Padahal selain dari berbagai kerja keras yang Anda lakukan, terdapat beberapa rahasia yang perlu diketahui agar bisa menjadi orang kaya.

Berikut beberapa rahasia yang dapat membantu Anda untuk menjadi orang kaya:

  1. Hilangkan kebiasaan mengeluh

Jika Anda memiliki kebiasaan menyerah dengan sebuah situasi yang seringkali tidak Anda kehendaki, maka buanglah sikap tersebut. Kebiasaan mengeluh dapat menjauhkan Anda dari mimpi untuk menjadi orang kaya. Mengeluh membuat Anda sulit untuk berkomitmen dengan mimpi Anda. Tidak bisa menabung karena penghasilan yang dianggap sedikit, tidak mau berinvestasi karena kebutuhan sehari-hari terasa lebih penting, serta berbagai macam alasan dapat dibuat ketika sebenarnya dalam diri Anda belum siap sepenuhnya untuk berjuang dan menerima resiko menjadi orang kaya. Menjadi orang kaya juga butuh perjuangan!!

  1. Milikilah rencana jangka panjang

Anda hidup tak hanya untuk hari ini, rencanakan dengan sebaik mungkin. Tidak memiliki rencana jangka panjang bisa menghambat Anda untuk menjadi orang kaya dan membuat Anda cenderung bersikap boros dengan menghamburkan uang untuk kepentingan yang sebenarnya bukan sebuah kebutuhan. Orang kaya tidak menghabiskan uang tapi menginvestasikannya. Para jutawan tahu bahwa menginvestasikan uang dapat membuat dia lebih kaya dari sebelumnya. Anda dapat membeli mobil dan rumah yang nyaman serta penuh gaya.

  1. Berinvestasi sedini mungkin dengan disiplin

Mulailah untuk menabung dan menyimpan sebagian pendapatan Anda dari sekarang. Semakin lama Anda menunda untuk menabung, semakin lama pula Anda menjadi orang kaya. Kebiasaan untuk menabung dan investasi online memang terasa berat pada awal, namun kebiasaan ini dapat membantu Anda di kemudian hari. Tanpa disadari, bila Anda terlambat memulai untuk menabung atau berinvestasi, Anda akan merasa serba kekurangan untuk memenuhi kebutuhan esok hari. Selain itu, ketika sudah berkomitmen untuk mencoba berinvestasi dengan cara menabung, Anda harus membuang jauh kebiasaan jelek seperti tidak disiplin. Sehingga dana simpanan Anda dalam tabungan tidak kunjung bertambah dan justru terkadang menyusut karena keperluan-keperluan tak terduga.

  1. Perbanyak berbagi dengan sesama.

Berbagi dengan sesame atau sedekah adalah rahasia kekayaan yang telah diamalkan oleh banyak orang kaya. Sebut saja Bill Gates dan Warren Buffett, milyader yang pernah berada di posisi nomor pertama orang terkaya sedunia. Sebagian besar harta mereka disumbangkan untuk yayasan nirlaba. Sudah menjadi rahasia bagi orang-orang kaya yang semakin kaya lantaran mereka mempraktikan ilmu sedekah. Namun nyatanya harta mereka tidak berkurang malah justru terus bertambah.

Faktanya,ikhlas tak ikhlas sedekah Anda tetap dapat balasan. Jika Anda memberi maka sejatinya Anda yang menerima. Semakin banyak memberi, semakin besar juga yang Anda terima. Percayalah, kita akan mendapatkan balasan langsung di dunia ini dari setiap rupiah yang kita sedekahkan. Inilah balasan jangka pendek, baik ikhlas tak ikhlas tetap akan mendapatkan imbalannya.

Shadaqah atau sedekah bisa dilakukan dengan uang maupun makanan yang diberikan kepada orang lain yang membutuhkan. Hadits riwayat Abu Hurairah menjelaskan bahwa sedekah tidak akan mengurangi harta. Dengan begitu makna yang tersirat adalah memperbanyak harta.

Allah tidak akan menahan rezeki bagi orang yang gemar bersedekah. Hal itu berarti semakin banyak sedekah maka semakin sering pula Allah memberikan rezeki. Pada zaman rasulullah para sahabat berebut untuk sedekah karena mengetahui keutamaannya. Sedekah mengundang rahmat Allah dan menjadi sebab Allah buka pintu rezeki.  Kekayaan tidak membawa makna tanpa ada keberkatan. Dengan adanya  keberkatan, harta/rezeki yang sedikit akan dirasakan seolah-olah banyak dan mencukupi. Sebaliknya tanpa keberkatan akan dirasakan sempit dan susah meskipun banyak harta.

Setidaknya 4 hal di atas harus Anda perhatikan bila tengah mempersiapkan diri dan mental Anda untuk menjadi orang kaya. Jangan melihat orang yang Anda anggap kaya dari luarnya saja yang terlihat glamor dan begitu mudah untuk mengeluarkan uang. Di balik kesuksesannya pasti banyak pengorbanan dan usaha untuk mengumpulkan serta menjaga pundi-pundi rupiahnya agar tetap berkah. Semoga bermanfaat.