10 PESEPAKBOLA TERTAJIR DI BENUA AFRIKA TAHUN 2010

Sepakbola yang seolah sudah mendarah daging di setiap negara di dunia memberikan dampak yang sangat positif untuk semua golongan dan umur. Yang sekarang akan kita bahas adalah 10 pesepakbola asal afrika yang berhasil meraih sukses di kancah eropa, berikut adalah daftar nya :

– 1. Samuel Osei Kufour

Kekayaan bersih senilai US$ 37 juta

Samuel Ossei Kufour telah membela timnas Ghana selama kurang lebih 13 tahun dan gantung sepatu pada tahun 2009. Pada tahun 2007 sebelum dirinya memutuskan untuk gantung sepatu, ia pernah dipilih oleh CAF sebagai anggota dari ’30 Pemain Afrika Terbaik Sepanjang Masa’.

Dalam karir klubnya Kufour telah membela Bayern Munchen selama 11 musim, FC Nuremberg selama 1 musim, AS Roma selama 3 musim, Livorno selama 2 musim, Ajax 1 musim dan Asante Kotoko selama 1 musim. Dia merupakan salah satu orang terkaya di Ghana dan menguasai berbagai bisnis serta properti di Ghana. Total kekayaan bersihnya mencapai US$ 37 juta.

– 2. Obafemi Martins

Kekayaan bersih senilai US$ 35 juta

Obafemi Martins adalah pesepakbola kelahiran Nigeria yang bermain untuk timnas Nigeria mulai dari tahun 2004 hingga 2013. Ia telah bermain di sejumlah klub sepakbola Eropa sebelum memutuskan untuk bergabung ke liga utama sepakbola Amerika Serikat, Seattle Sounders pada tahun 2013 silam. Faktanya Obafemi Martins adalah salah satu pesepakbola Afrika dengan bayaran tertinggi di MLS Amerika Serikat dengan menerima gaji tahunan senilai US$ 2,4 juta.

Selain sebagai pesepakbola ternama, Martins juga merupakan seorang pengusaha properti dan melakukan sejumlah investasi bijak di negara asalnya. Ia juga dikenal kerap mengoleksi sejumlah mobil mewah senilai jutaan dollar selama bertahun-tahun. Jumlah kekayaan bersihnya senilai US$ 35 juta.

– 3. Papa Bouba Diop

Kekayaan bersih senilai US$ 30 juta

Papa Bouba Diop memulai karirnya sebagai seorang pesepakbola di klub lokal Senegal, ASC Diaraf pada tahun 1996 dan kemudian langsung bergabung dengan timnas Senegal pada tahun 1999 yang melakoni 63 caps dan membukukan 11 gol bagi Senegal. Diop penah bermain di sejumlah klub yang berbeda di tanah Inggris seperti West Ham United, Porstmouth, Fulham dan Birmingham City. Papa Bouba Diop telah menerima banyak uang dari klub dan negaranya sehingga total kekayaan bersihnya mencapai US$ 30 juta.

– 4. Asamoah Gyan

Kekayaan bersih senilai US$ 28,5 juta

Nama Asamoah Gyan akan dikenang di seluruh dunia karena dirinya gagal mengeksekusi pinalti pada menit terakhir di ajang Piala Dunia 2010 saat melawan timnas Uruguay. Padahal pinaltinya merupakan titik penentu kemenangan timnasnya untuk melangkah ke babak selanjutnya, sayang ia tidak berhasil.

Tapi dibalik kegagalannya tersebut, Asamoah Gyan adalah seorang striker yang paling berbahaya dari Ghana yang pernah ada. Asamoah Gyan adalah salah satu pemain paling penting bagi timnas Ghana dan kekayaan bersihnya sekarang mencapai US$ 28,5 juta. Dia merupakan salah satu pemain Afrika paling penting di benua Eropa.

– 5. Andre Ayew

Kekayaan bersih senilai US$ 28 juta

Ia adalah anak dari legenda sepakbola Ghana, Abedi Pele. Andre Ayew memainkan sebagian besar karirnya dengan membela klub Prancis, Olympique de Marseille sebelum akhirnya bergabung ke Liga Premier Inggris bersama Swansea pada 10 Juni 2015 dengan status bebas transfer.

Andre Ayew pernah memenangkan penghargaan BBC African Footballer of the Year tahun 2011 dan mewakili timnas sepakbola senior Ghana. Saat ini, Ayew mendapat gaji senilai US$ 3,72 juta pertahun serta mendapat bonus pertandingan lainnya sehingga total kekayaan bersihnya mencapai US$ 28 juta.

– 6. Kevin Prince Boateng

Kekayaan bersih senilai US$ 20 juta

Kelvin Prince Boateng adalah pemain keturunan campuran Jerman dan Ghana yang begitu dikenal karena mempunyai dinamika yang intens serta kekuatan fisik. Dia mulai bermain bola pada usia 6 tahun dan membela klub Reinickendorfer Füchse.

 border=

Boateng sekarang membela timnas Ghana dan pernah membela beberapa klub di Eropa seperti Tottenham Hotspurs, Borrussia Dortmund, Portsmouth, Genoa, Inter Milan, AC Milan dan kini di Schalke 04, Jerman. Di klub Schalke 04, ia mendapatkan gaji US$ 4 juta pertahunnya. Total kekayaan bersihnya mencapai US$ 20 juta.

– 7. Benni McCarthy

Kekayaan bersih senilai US$ 16 juta

Pencetak gol terbanyak sepanjang masa Afrika Selatan, Benni McCarthy memulai karir sepakbolanya dengan klub lokal di Cape Town, Afrika Selatan sebelum dirinya pindah membela Celta Vigo, Spanyol dan klub Porto FC di Portugal. Bersama Porto FC, ia menjadi salah satu pemain yang turut membantu klub untuk meraih gelar UEFA Liga Champions keduanya. Pada tahun 2006, Benni McCarthy pindah ke Blackburn Rovers dengan biaya transfer senilai £ 2.5 juta dan mencetak 52 gol.

Setelah puas membela Blackburn, ia pun pindah ke West Ham namun sayang dirinya gagal bersinar dan hengkang pada tahun 2011. Setelah lama berstatus bebas transfer di Eropa, ia pun kembali ke Afrika Selatan dan bermain di klub Orlando Pirates. Dilaporkan kekayaan bersih McCarthy senilai US$ 16 juta. Namun surat kabar Inggris, The Sun melaporkan jikalau McCarthy mempunyai kekayaan bersih senilai 30 juta pounds.

– 8. Yakubu Aiyegbeni

Kekayaan bersih senilai US$ 14,5 juta

Yakubu memulai karir sepakbolanya di salah satu klub sepakbola Nigeria, Julius Berger FC di kota Lagos dan ia juga pernah bergabung ke klub sepakbola Israel, Maccabi Haifa. Setelah bertugas singkat dengan klub Israel tersebut, ia dipanggil untuk bermain di Liga Inggris.

 border=

Yakubu pernah bermain dengan sejumlah klub Inggris seperti Portsmouth, Middlesbrough, Everton dan Blackburn Rovers sebelum Yakubu pindah ke klub sepakbola China, Guangzhou R&F yang dimana dirinya menerima gaji sebesar £ 5.040.000/tahun dan menerima bonus US$ 100.000/minggu. Yakubu pernah menjadi salah satu pesepakbola terkaya di benua Afrika.

– 9. Fredic Kanoute

Kekayaan bersih senilai US$ 13 juta

Tidak diragukan lagi jikalau pada tahun 2010 silam, Fredric Kanoute adalah salah satu pesepakbola terkaya di Afrika. Ia lahir pada 2 September 1977 dari seorang ibu yang berasal dari Perancis dan ayahnya berasal dari Mali. Ia pernah membela timnas Perancis U-21 pada tahun 1998-2001 sebelum akhirnya bergabung ke timnas Mali pada tahun 2004 dan berhasil memimpin timnya mencapai semi-final dalam ajang Piala Afrika 2004.

Pada tahun 2007, ia diangkat sebagai African Footballer of the Year dan memutuskan untuk pensiun dari timnas Mali pada tahun 2010. Fredric berhasil memupuk kekayaannya saat bermain untuk Perancis U-21, timnas Mali dan semua klub yang pernah disinggahinya di Eropa. Kini total kekayaan bersihnya mencapai US$ 13 juta.

– 10. Salomon Kalou

Kekayaan bersih senilai US$ 12 juta

Salomon Kalou sudah membela timnas sepakbola Pantai Gading sejak tahun 2007 dan telah muncul sebanyak 2 kali dalam ajang Piala Dunia, 4 kali dalam ajang turnamen Piala Negara Afrika dan Olimpiade tahun 2008. Pesepakbola kelahiran Pantai Gading ini pernah membela klub Chelsea, Lille dan Hertha BSC.

Sebelum hengkang dari Chelsea, Kalou adalah bagian inti dari The Blues yang memenangkan 3 gelar Liga Premier dengan 3 pelatih yang berbeda, salah satunya Jose Mourinho. Kekayaannya datang kala dirinya mulai berseragam Chelsea dan pernah menjadikannya sebagai salah satu pesepakbola terkaya di Afrika, jauh sebelum Eto’o dan Drogba terkenal. Kekayaan bersihnya mencapai US$ 12 juta.